Konfirmasi Pesanan ( +62 899 321 8899 )

4 Bahan Alami Yang Kaya Akan Kandungan Kolagen

Memiliki kulit wajah yang bersih dan bagus menjadi dambaan bagi setiap orang, khususnya bagi mereka para wanita yang ingin selalu tampil cantik. Untuk memiliki kulit yang bersih, mulus, serta sehat, ada suatu zat atau nutrisi yang sangat diperlukan, yaitu kolagen.

Kolagen adalah jenis protein terbesar pada tubuh yang terbuat dari asam amino, bersifat keras, dan tidak larut di air. Terdapat sekitar 30% dari protein total merupakan kolagen. Protein pada umumnya sendiri berfungsi untuk membentuk tubuh seperti tendon, ligamen, otot, dan kulit. Kolagen berasal dari bahasa Yunani ‘kolla’ yang berarti lem. Berdasarkan arti kolagen sendiri, zat ini bisa diartikan sebagai zat yang digunakan untuk menyatukan tubuh atau menciptakan kekuatan antara sel-sel tubuh seperti kulit.

Kolagen memiliki manfaat yang sangat penting, khususnya dalam dunia kecantikan. Kolagen diperlukan untuk merawat kulit, menjaga elastisitas kulit, mencegah timbulnya keriput, dan berbagai masalah kulit lainnya. Pada umumnya tubuh manusia memproduksi kolagen secara alami, tetapi seiring bertambahnya usia produksi kolagen akan semakin melambat dari biasanya. Untuk mendorong produksi kolagen yang melambat dapat digunakan beberapa asupan makanan yang mengandung kolagen.

Berikut beberapa bahan alami yang kaya akan kandungan kolagen:

1. Sarang burung walet

Sarang burung walet merupakan salah satu bahan alami yang terkenal akan kandungan kolagen yang sangat tinggi. Sarang tersebut dibuat dari air liur burung walet itu sendiri, hal ini menyebabkan sarang burung walet tidak memiliki komposisi seperti sarang pada umumya. Kandungan dalam sarang burung walet tersebut antara lain, kolagen, asam amino, kalim, kalsium, antioksidan, serta berbagai kandungan lain yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

2. Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer. Salah satu sumber protein hewani ini dikenal memiliki banyak manfaat, termasuk dalam dunia kecantikan. Telur memiliki dua bagian yaitu bagian kuning telur dan bagian putih telur. Bagian kuning telur sendiri, merupakan bagian telur yang mengandung kolagen. Sedangkan, untuk bagian putihnya mengandung asam amino yang juga ikut berperan penting dalam membantu produksi kolagen.

3. Buncis

Salah satu jenis sayuran ini ternyata memiliki kemampuan yang sangat dibutuhkan untuk menunjang terjadinya proses sintesis kolagen. Hal ini dikarenakan buncis kaya kandungan vitamin C serta zinc yang berperang penting dalam proses sintesis kolagen.

4. Jeruk

Buah yang satu ini sudah sangat terkenal akan kandungan vitamin C nya yang sangat banyak, bahkan bisa dikatakan salah satu yang terbanyak dibanding dengan yang lainnya. Terdapat sekitatr 70 miligram vitamin C pada setiap satu buah jeruk berukuran sedang. Hal ini membuat jeruk mampu menunjang asam amino selama proses produksi kolagen.

Penuhi asupan kolagen yang sangat penting bagi kulit, agar kesehatan kulit dapat tetap terjaga. Sehingga hal ini dapat membuat kulit kita nampak lebih bersih, cerah, dan terawat.