Konfirmasi Pesanan ( +62 899 321 8899 )

5 Langkah Cegah Gangguan Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah merupakan hal yang sangat penting oleh tubuh. Sistem peredaran darah memiliki tugas untuk mengedarkan oksigen serta zat gizi ke seluruh jaringan tubuh. Sistem peredaran darah sendiri merupakan sebuah sistem yang terdiri dari jantung yang menjadi organ utama dalam sistem peredaran darah dan pembuluh darah, meliputi pembuluh darah vena, arteri, serta kapiler. Ketika sistem peredaran tubuh menjadi terganggu maka hal ini dapat menyebabkan gangguan pada berbagai organ tubuh, seperti badan terasa lemas, sesak napas, detak jantung tidak teratur, bahkan meningkatnya resiko penyakit berbahaya yang dapat berujung kematian. Untuk itu, jaga selalu sistem peredaran darah agar dapat bekerja dengan baik.

Berikut beberapa langkah mudah yang dapat anda lakukan agar terhindar dari gangguan sistem peredaran darah yang berbahaya:

1. Hindari rokok

Untuk mencegah timbulnya gangguan pada sistem peredaran darah, anda sebaiknya hindari rokok. Hal ini dikarenakan rokok banyak sekali mengandung zat berbahaya. Apabila kandungan berbahaya dari rokok ini sampai masuk ke dalam tubuh, maka hal ini dapat menganggu sistem peredaran darah. Kandungan zat berbahaya pada rokok dapat merusak dinding arteri serta mengentalkan darah sehingga aliran darah menjadi terganggu. Untuk itu hindari rokok jika anda tidak ingin sistem peredaran darah anda menjadi terganggu.

2. Kelola stres

Stres merupakan hal yang wajar terjadi dan dapat dialami oleh setiap orang. Namun, stres perlu dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Salah satu efek buruk dari tingkat stres yang tinggi dan tidak dikelola dengan baik ialah menyebabkan gangguan pada sistem peredaran darah. Hal ini dikarenakan ketika seseorang mengalami stres, maka pembuluh darah akan menyempit dan aliran darah menjadi tidak lancar.

3. Hindari makanan tinggi kolesterol jahat

Makanan seperti daging sapi, gorengan, dan sejenisnya memiliki kandungan kadar kolesterol jahat yang cukup tinggi. Apabila anda mengkonsumsi jenis makanan ini secara berlebihan, maka hal ini dapat menyebabkan adanya penumpukan plak pada pembuluh darah. Sehingga sistem peredaran darah yang mengalir ke seluruh jaringan tubuh menjadi terganggu. Untuk itu sebaiknya anda menghindari makan makanan yang tinggi akan kandungan kolesterol jahat ini, agar sistem peredaran darah anda dapat terjaga dengan baik.

4. Atur pola makan

Memiliki pola makan yang baik dan benar sangat diperlukan untuk mencegah timbulnya masalah pada sistem peredaran darah. Memiliki pola makan yang buruk dapat memicu timbulnya obesitas. Dimana obesitas sendiri dapat mengakibatkan terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah serta menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit. Untuk itu atur pola makan anda dengan baik dan benar.

5. Jangan terlalu banyak duduk

Agar anda terhindar dari gangguan sistem peredaran darah, sebaiknya anda tidak duduk terlalu lama, atau berdirilah selama beberapa menit ketika anda sudah duduk selama berjam-jam. Duduk yang terlalu lama dapat melemahkan otot kaki serta memperlambat aliran darah di kaki hingga menyebabkan penggumpalan darah. Selain itu, duduk terlalu lama juga tidak baik untuk sirkulasi darah di area punggung.

Terapkan pola hidup sehat agar sistem peredaran darah anda agar dapat berfungsi dengan baik serta terhindar dari berbagai masalah yang merugikan bagi kesehatan tubuh.