Konfirmasi Pesanan ( +62 899 321 8899 )

5 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

Beras adalah sumber pangan utama bagi setiap negara. Beras sendiri diperkenalkan oleh negeri tirai bambu ke beberapa negara lewat perdagangan. Produksi beras sendiri tidaklah mudah karena harus melewati beberapa tahap dimulai dengan menanam padi. Jenis-jenis beras pun beragam, tidak hanya beras putih melainkan juga ada jenis beras merah.

Beras merah sering dimanfaatkan sebagai pengganti karbohidrat selama proses diet. Beras merah sendiri memiliki banyak kandungan yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh seperti halnya serat serta antioksidan. Selain itu dalam beras merah terdapat kulit luar atau bran yang kaya akan kandungan berbagai macam nutrisi seperti serat, zat besi, zinc, kalium, natrium, mangan, serta berbagai macam vitamin khususnya vitamin B.

Meskipun menimbulkan rasa sebah dan harus dikunyah lebih lama daripada memakan beras putih, beras merah memiliki manfaat untuk dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, hal ini tentunya akan sangat berdampak baik bagi tubuh guna mencegah terjadinya berbagai macam penyakit berbahaya seperti stroke dan penyakit jantung. Tidak hanya itu saja, masih banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi beras merah ini. 

Berikut 5 manfaat beras merah yang baik bagi kesehatan:

1. Mengontrol diabetes

Beras merah sangat terkenal dikalangan masyarakat khususnya yang terkena diabetes. Sebagian dokter menyerankan kepada orang yang terkena diabetes untuk memakan olahan beras merah sebagai pengganti beras putih. Hal ini dikarenakan beras merah memiliki indeks glikemik rendah yang membantu mengurangi lonjakan insulin dan mengontrol gula darah.

Beras merah dapat menurunkan kadar gula darah secara efektif, hal ini dikarenakan kandungan asam fitat dan serat yang tinggi dalam beras merah sangat baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

2. Mengontrol Kesehatan Kardiovaskular

Beras merah mengandung selenium yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Selain selenium, beras merah juga mengandung minyak alami. Minyak alami pada beras merah berfungsi untuk mengatur kadar kolestrol pada tubuh sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan tulang

Pada beras merah terdapat kandungan magnesium dan kalsium. Dua kandungan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Magnesium sendiri pada beras merah mencegah demineralisasi tulang. Demineralisasi adalah proses menghilangkan mineral. Selain itu, kandungan magnesium serta kalsium yang ada dalam beras merah dapat digunakan untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

4. Mencegah kanker

Beras merah dapat mencegah kanker karena adanya antioksidan dalam kandungan beras merah. Antioksidan pada beras merah berupa vitamin A, vitamin C, fenolik, dan lain sebagainya. Antioksidan sendiri berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga kita tidak mudah terserang beberapa penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung koroner.

Selain kaya akan antioksidan, beras merah sendiri juga kaya akan kandungan serat hal ini lah yang membuat beras merah memiliki khasiat untuk mencegah penyebaran sel kanker serta terjadinya berbagai macam kanker seperti kanker usus besar, kanker payudara, serta leukimia.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Beras merah sendiri bisa dikatakan sebagai pengganti beras putih untuk beberapa orang. Beras merah mengandung karbohidrat yang tidak terpaut jauh dari beras putih. Karbohidrat sendiri merupakan sumber utama energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Kandungan serat yang ada dalam beras merah dapat membantu mengatur fungsi usus serta membuat rasa kenyang lebih lama. Selain itu lapisan bekatul beras merah mencegah adanya penyerapan asam serta kelembapan selama proses pencernaan dalam lambung.

Banyak sekali bukan manfaat beras merah yang baik bagi kesehatan? Tentunya dengan mengkonsumsi beras merah secara tepat, hal ini akan berdampak baik bagi kesehatan.