Konfirmasi Pesanan ( +62 899 321 8899 )

5 Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan

Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sering ditemui di Asia. Hampir semua masyarakat dunia khususnya Asia mengonsumsi kedelai. Masyarakat Jepang dan Indonesia pernah menduduki peringkat satu dan dua untuk konsumsi kadelai per tahunnya menurut Food and Agriculture Organizaiton. Kedelai juga dijadikan sumber pengganti daging bagi beberapa orang vegetarian, serta menjadi pengganti susu sapi bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi. Selain itu, merupakan sumber protein nabati terbaik dan jauh lebih sehat ketimbang mengkonsumsi daging merah.

Masyarakat mengolah kedelai dalam beberapa bentuk makanan ataupun minuman agar mudah dikonsumsi. Tempe adalah salah satu makanan yang sering kita temui di Indonesia. Tempe ini juga merupakan salah satu olahan kedelai yang familiar dalam kehidupan sehari-hari. Olahan selain dalam bentuk makanan juga dapat berbentuk minuman, yaitu sari dele. Kandungan yang terdapat didalam kedelai sangat beragam dan bermanfaat. Hal inilah yang membuat kedelai diminati masyarakat selain olahannya yang mudah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.Tidak hanya rasa nya yang enak, kedelai juga memiliki khasiat untuk kesehatan.

Berikut merupakan 5 manfaat kedelai yang baik bagi kesehatan:

1. Mencegah penyakit jantung

Kedelai memiliki beberapa kandungan yang berguna untuk mencegah atau menurunkan kadar kolestrol jahat. Salah satu kandungan senyawa ini adalah protein dan saponin. Kandungan protein dan saponin yang terdapat dalam kedelai memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolestrol jahat yang ada dalam tubuh.

Penyakit jantung disebabkan oleh kolestrol yang berlebih hal ini dikarenakan dengan adanya kolesterol berlebih akan menghmabat saluran pembuluh darah, sehingga dapat menyebabkan masalah bagi jantung. Dengan bantuan protein dan saponin ketika kita mengonsumsi kedelai, hal ini membuat kita dapat menghindari penyakit jantung.

2. Mengontrol dan mempertahankan berat badan

Kandungan serat tinggi pada kedelai membantu mengatur berat badan, hal ini dikarenakan serat merupakan zat yang cukup lama dicerna oleh tubuh sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Sedangkan kadar indeks glikemiks rendah yang terdapat pada kedelai membantu mengatur gula darah pada tubuh. Dua hal inilah yang mendasari bagaimana kedelai dapat disebut sebagai pengontrol berat badan.

3. Mencegah terjadinya kanker

Pada kedelai terdapat kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan merupakan kandungan yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang akan menyerang tubuh. Dengan kandungan antioksidan tinggi kita dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Perlu diketahui kerusakan sel berpotensi untuk mengakibatkan kanker.

4. Memiliki nutrisi tinggi

Kedelai dapat diolah menjadi susu. Susu kedelai ini dapat bersaing dengan susu sapi. Meskipun kandungan dalam dua susu ini berbeda, kedua susu ini sama-sama memiliki nutrisi yang tinggi. Susu kedelai juga dapat berfungsi sebagai pengganti susu sapi untuk orang vegetarian ataupun orang yang alergi susu sapi. Sehingga dengan mengkonsumsi kedelai, asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita dapat terpenuhi.

5. Menurunkan tekanan darah

Manfaat kedelai yang lain ialah dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam lemak yang terdapat pada kedelai memiliki manfaat untuk membantu melancarkan tekanan darah, sehingga tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Selain itu juga, dalam kedelai terdapat kandungan kalium, dimana hal tersebut dapat membantu tubuh mengatasi kadar natrium berlebih dalam darah sehingga kita dapat terhindar dari penyakit darah tinggi.

Ternyata banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi kedelai. Konsumsi kedelai dengan kadar yang tepat, atau konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk memperoleh manfaat dari kedelai secara optimal.