Konfirmasi Pesanan ( +62 899 321 8899 )

5 Manfaat Kulit Udang Bagi Kesehatan

Udang merupakan hewan yang hidup di berbagai macam perairan. Umumnya udang akan hidup di genangan air besar baik air tawar ataupun asin. Udang juga memiliki berbagai macam spesies tergantung dari mana udang itu hidup dan kedalaman air udang itu hidup. Masyarakat Indonesia sering memanfaatkan udang sebagai kebutuhan pangan sehari-hari. Rasa khas olahan udang membuat kita ingin memakannya terus-menerus.

Udang tidak hanya dimanfaatkan dagingnya saja. Ada beberapa bagian udang juga memiliki manfaat yang tidak kalah dengan bagian tubuh utama yang dikonsumsi yaitu kulit.

Kulit udang merupakan bagian udang yang memiliki manfaat tersebut. Sebagian masyarakat tidak mengikutsertakan kulitnya untuk dikonsumsi karena cenderung memiliki struktur keras. Namun, beberapa masyarakat juga mengikutsertakan kulitnya karena memiliki struktur renyah ketika digoreng bersama udangnya.

Beberapa orang yang tidak suka mengonsumsi kulit udang disarankan tidak membuang kulit udang tersebut. Kulit udang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kaldu sehingga konsumsi kuliner berbau udang menjadi lebih enak dan menarik. Terdapat lebih banyak manfaat ketika kita memakan udang terutama dengan kulitnya tersebut.

Berikut 5 manfaat kulit udang yang baik bagi kesehatan:

1. Pembentukan tulang dan gigi

Pada kulit udang terdapat glucosamine, dimana senyawa ini membantu kita dalam pembentukan tulang khususnya tulang rawan. Pada kulit udang juga terdapat kalsium dan fosfor, fungsi utama dua senyawa ini juga pada pembentukan tulang serta pembentukan gigi.

2. Mengatasi masalah sendi

Tidak terlalu jauh dari manfaat kulit udang untuk pembentukan tulang. Senyawa glucosamine juga merupakan senyawa yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati masalah persendian. Selain itu, terdapat senyawa bernama chondroitin dalam kulit udang yang membantu mengobati masalah terkait persendian.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Pada kulit udang terdapal senyawa selenium dan sulforaphane. Dua senyawa tersebut berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Senyawa selenium sendiri juga memiliki fungsi khusus, yaitu menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker atau bisa disebut juga dengan antioksidan sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Mengkonsumsi kulit udang sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL yang ada di dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan, hingga bisa menyebabkan timbulnya penyakit jantung, stroke, serta berbagai macam penyakit berbahaya lainnya. Beberapa senyawa yang terkandung dalam kulit udang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut.

5. Menurunkan resiko obeisitas

Manfaat lain yang dapat ditemukan dengan mengkonsumsi kulit udang ialah dapat menurunkan resiko terjadinya obeisitas. Hal ini dikarenakan, kulit udang mengandung asam lemak tak jenuh (DHA) dimana kandungan tersebut berperan penting dalam terapi penderita hipertrigliseridemia yang merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya obesitas.

Tak disangka, kulit udang yang biasanya dianggap remeh dan kerap kali dibuang ternyata memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Alangkah lebih baiknya kita tidak menyia-nyiakan manfaat kulit udang ini dan mengkonsumsinya secara tepat, agar memperoleh kebaikan dari kulit udang.