Konfirmasi Pesanan ( +62 899 321 8899 )

5 Tips Ampuh Atasi Mabuk Perjalanan

Berpergian merupakan kegiatan yang menyenangkan, terlebih ketika berpergian untuk rekreasi atau liburan. Banyak sekali model transportasi yang dapat kita gunakan untuk berpergian baik transportasi darat, laut, maupun udara. Kita dapat berpergian menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Namun sering kali saat bepergian, seseorang sering kali mengalami mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan merupakan suatu kondisi dimana seseorang merasa tidak nyaman, mual, pusing, serta berbagai kondisi lainnya saat sedang melakukan perjalanan baik di darat, laut, maupun udara.

Pada umumnya, anak-anak, wanita hamil, serta orang lanjut usia merupakan orang-orang yang lebih sering dan rentan mengalami kondisi ini. Mabuk perjalanan pada umumnya disebabkan oleh berbagai hal seperti bermain gadget atau membaca buku di dalam kendaraan, kurangnya istirahat atau terlalu lelah, adanya gangguan keseimbangan tubuh, serta berbagai masalah fisik lainnya. Tak hanya faktor fisik atau individu, mabuk perjalanan ini juga dapat disebabkan oleh kondisi kendaraan yang memiliki bau tajam seperti asap rokok, kadar oksigen yang rendah di dalam kendaraan, ventilasi kendaraan yang buruk, serta berbagai kondisi lainnya.

Mabuk perjalanan akan membuat seseorang merasa pusing, wajah terlihat pucat, perut menjadi tidak nyaman, mengeluarkan keringat dingin, tubuh kehilangan keseimbangannya, serta rasa mual hingga muntah. Kondisi ini memang tidak berbahaya namun akan sangat mengganggu dan memeranguhi aktivitas yang akan dilakukan. Oleh karena itu, agar dapat selalu merasa nyaman untuk melakukan perjalanan sebaiknya cegah atau atasi gangguan tersebut.

Berikut merupakan 5 tips ampuh yang dapat dilakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan:

1. Isi perut sebelum melakukan perjalanan

Ketika melakukan perjalanan dengan perut kosong, hal ini akan mengakibatkan asam lambung meningkat dan menyebabkan mual. Tentunya hal ini membuat tubuh menjadi tidak nyaman dan dapat mengakibatkan mabuk perjalanan. Isilah perut dengan memakan makanan ringan 1 jam sebelum melakukan perjalanan namun jangan sampai terlalu kenyang. Selain itu hindari makanan pedas dan berminyak, karena hal ini juga dapat memperparah pusing serta mual saat di perjalanan.

2. Cari udara segar

Kurangnya kadar oksigen yang ada di dalam kendaraan merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami mabuk perjalanan. Dengan memperoleh udara segar, hal ini dapat membantu tubuh untuk memperoleh asupan oksigen yang dibutuhkan. Selain itu, dengan memperoleh udara segar hidung kita akan terhindar dari aroma menyengat pada kendaraan yang dapat menyebabkan seseorang mabuk perjalanan.

3. Istirahat yang cukup

Ketika melakukan perjalanan, khususnya perjalanan jauh pastikan tubuh memperoleh istirahat yang cukup. Pilih kendaraan maupun posisi duduk yang dapat membuat anda nyaman untuk membuat tubuh lebih rileks. Dengan istirahat yang cukup, hal ini akan membuat tubuh serta pikiran lebih fresh dan siap untuk melakukan perjalanan.

4. Memilih posisi duduk yang tepat

Pilihlah posisi duduk yang tepat untuk meminimalisir resiko mengalami mabuk perjalanan. Pilihlah tempat duduk yang dekat dengan jendela. Hal ini dapat membuat mata kita dapat melihat pemandangan secara jelas, dengan begitu pikiran kita dapat menjadi lebih tenang. Selain itu hindari membaca, menonton, atau bermain gadget untuk meminimalisir rasa mual serta pusing saat di perjalanan.

5. Makan permen jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang sangat familiar di Indonesia. Jahe dapat membuat tubuh seseorang menjadi lebih hangat. Dengan mengkonsumsi permen jahe, hal ini dapat membuat perut menjadi lebih hangat serta nyaman sehingga dapat mencegah rasa mual selama di perjalanan.

Tips-tips diatas dapat membuat anda merasa lebih nyaman saat akan melakukan perjalanan. Namun apabila anda masih mengalami mabuk saat di perjalanan, sebaiknya anda meminum obat maupun menggosokkan minyak kayu putih pada area perut untuk membuat tubuh menjadi lebih nyaman.