Konfirmasi Pesanan ( +62 899 321 8899 )

7 Cara Mudah Lancarkan Peredaran Darah Secara Alami

Sistem peredaran darah merupakan hal yang sangat penting oleh tubuh. Sistem peredaran darah memiliki tugas untuk mengedarkan oksigen serta zat gizi ke seluruh jaringan tubuh. Ketika sistem peredaran tubuh menjadi terganggu maka hal ini dapat menyebabkan gangguan pada berbagai organ tubuh serta memberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh. Untuk itu anda perlu menjaga sistem peredaran darah anda tetap bekerja dengan baik.

Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk melancarkan sistem peredaran darah:

1. Tidur yang berkualitas

Bagi orang dewasa, setidaknya diperlukan waktu sekitar 8 jam untuk tidur. Memiliki pola tidur yang berkualitas dengan waktu yang cukup sangat baik bagi kesehatan kulit. Hal ini dapat membantu tubuh untuk meregenerasi kulit, otot, serta sel darah. Dimana hal ini akan melancarkan sirkulasi peredaran darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Selain itu, tidur yang berkualitas dapat mengistirahatkan organ yang sudah bekerja keras seharian.

2. Yoga ringan

Melakukan yoga ringan sangat baik untuk menjaga sistem peredaran darah kita agar tetap lancar. Yoga dapat mempercepat serta membawa oksigen ke sel-sel darah. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengirimkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh organ tubuh.

3. Latihan squat

Melakukan latihan squat sangat bagus untuk memompa darah serta memperlancar sirkulasi peredaran darah. Anda dapat mulai latihan squat dengan membuka kaki selebar bahu, kemudian tekuk pinggul dan lutut secara perlahan, serta pastikan punggung tetap berada pada posisi yang lurus.

4. Penuhi kebutuhan cairan

Sebagian besar dari tubuh kita terdiri dari air, tak terkecuali darah. Anda perlu mengkonsumsi setidaknya 2 liter atau setara dengan 8 gelas air setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Dengan begitu fungsi tubuh dan sistem peredaran darah dapat bekerja dengan baik.

5. Rutin berolahraga

Melakukan olahraga secara rutin setidaknya 30 menit sehari dapat membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Anda dapat melakukan beberapa olahraga seperti lari, bersepeda, maupun berenang. Dengan melakukan berbagai olahraga tersebut otot akan mengambil lebih banyak oksigen, sehingga memperlancar sirkulasi peredaran darah.

6. Konsumsi omega-3

Omega-3 memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Omega-3 dapat mengurangi plak atau proses penyumbatan pada pembuluh darah. Anda dapat memperoleh kandungan omega-3 dengan mengkonsumsi ikan salmon, ikan tuna, biji chia, kacang kenari, dan lain sebagainya.

7. Mandi air garam

Dengan menambahkan garam laut pada air yang akan kita gunakan saat mandi, terlebih lagi air hangat dapat membuat tubuh kita menjadi lebih rileks. Hal ini dikarenakan garam laut memiliki sifat menenangkan.  Selain itu, meredam kaki dalam air larutan garam laut dapat membantu untuk mengurangi stres serta melancarkan sistem peredaran darah. Hal ini dikarenakan ketika mandi atau merendam kaki dengan air hangat yang dicampur garam laut dapat membuat pembuluh darah vena dan arteri menjadi lebih terbuka dan membiarkan lebih banyak udara untuk masuk.

Lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui kondisi sistem peredaran darah anda, serta segera hubungi dokter apabila mengalami masalah pada sistem peredaran darah anda untuk memperoleh penanganan yang sesuai.