Memiliki kulit wajah yang bersih dan bagus menjadi dambaan bagi setiap orang, khususnya bagi mereka para wanita yang ingin selalu tampil cantik. Untuk memiliki kulit yang bersih, mulus, serta sehat, ada suatu zat atau nutrisi yang sangat diperlukan, yaitu kolagen.

Kolagen adalah jenis protein terbesar pada tubuh yang terbuat dari asam amino, bersifat keras, dan tidak larut di air. Terdapat sekitar 30% dari protein total merupakan kolagen. Protein pada umumnya sendiri berfungsi untuk membentuk tubuh seperti tendon, ligamen, otot, dan kulit. Kolagen berasal dari bahasa Yunani ‘kolla’ yang berarti lem. Berdasarkan arti kolagen sendiri, zat ini bisa diartikan sebagai zat yang digunakan untuk menyatukan tubuh atau menciptakan kekuatan antara sel-sel tubuh seperti kulit.

Pada umumnya tubuh manusia memproduksi kolagen secara alami, tetapi seiring bertambahnya usia produksi kolagen akan semakin melambat dari biasanya. Untuk mendorong produksi kolagen yang melambat dapat digunakan beberapa asupan makanan yang mengandung kolagen. Tak hanya makanan saja, zaman sekarang merupakan zaman modern dimana kolagen dapat ditemui dalam bentuk suplemen.

Berikut beberapa manfaat kolagen bagi kesehatan kulit:

1. Mencegah kulit keriput

Kolagen merupakan salah satu zat yang digunakan hampir pada sebagian besar produk kecantikan karena manfaatnya yang sangat baik untuk merawat kulit, salah satunya mencegah dan mengatasi masalah kulit keriput. Kulit keriput merupakan suatu tanda yang menunjukkan seseorang mengalami proses penuaan. Kolagen diperlukan oleh kulit untuk mencegah adanya keriput, hal ini dikarenakan kolagen memiliki peran yang sangat penting dalam proses regenerasi sel kulit. Sehingga dengan memenuhi kebutuhan nutrisi kolagen, kulit akan tetap cantik serta proses penuaan kulit dapat terhambat.

2. Mengencangkan kulit kendur

Siapa yang tak ingin memiliki kulit yang kencang, khususnya bagi mereka para wanita. Kulit kendur sendiri berarti kulit kehilangan elastisitasnya, sehingga kulit menjadi tidak kencang lagi. selain itu, kulit kendur merupakan suatu tanda adanya proses penuaan. Agar elastisitas kulit dapat tetap terjaga, kita perlu mengkonsumsi kolagen. Hal ini dikarenakan kolagen memiliki fungsi untuk menjaga elastisitas kulit serta dapat mengembalikan kekencangan kulit secara alami.

3. Mencerahkan kulit

Terdapat kandungan asam amino pada kolagen. Dimana kandungan asam amino pada kolagen ini memiliki fungsi untuk dapat melindungi lapisan kulit luar dari bahaya radikal bebas. Hal tersebut dapat membantu mencerahkan kulit kusam, dan membuat kulit terasa lebih halus, serta dapat menjaga kesehatan kulit.

4. Merawat kesehatan kulit

Kulit kita kurang lebih 70% terbentuk dari kolagen. Salah satu fungsi kolagen yang juga merupakan protein adalah membentuk bagian tubuh salah satunya kulit. Selain itu, proses regenerasi sel kulit dapat lebih cepat terjadi akibat adanya kolagen. Dengan memenuhi asupan nutrisi kolagen, hal ini berarti kita dapat menjaga kesehatan kulit.

Penuhi asupan kolagen yang sangat penting bagi kulit, agar kesehatan kulit dapat tetap terjaga. Sehingga hal ini dapat membuat kulit kita nampak lebih bersih, cerah, dan terawat.