Konfirmasi Pesanan ( +62 899 321 8899 )

Penyebab Gangguan Sistem Peredaran Darah Yang Perlu Anda Hindari

Sistem peredaran darah merupakan hal yang sangat penting oleh tubuh. Sistem peredaran darah memiliki tugas untuk mengedarkan oksigen serta zat gizi ke seluruh jaringan tubuh. Sistem peredaran darah sendiri merupakan sebuah sistem yang terdiri dari jantung yang menjadi organ utama dalam sistem peredaran darah dan pembuluh darah, meliputi pembuluh darah vena, arteri, serta kapiler. Ketika sistem peredaran tubuh menjadi terganggu maka hal ini dapat menyebabkan gangguan pada berbagai organ tubuh, seperti badan terasa lemas, sesak napas, detak jantung tidak teratur, bahkan meningkatnya resiko penyakit berbahaya yang dapat berujung kematian.

Berbagai masalah atau gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah, disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:

1. Makanan tinggi kolesterol jahat

Kolesterol sendiri merupakan senyawa kompleks yang dihasilkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk membuat hormon, saraf, serta bagian penting dari setiap struktur sel yang ada di dalam tubuh manusia. Namun, mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol jahat terlalu banyak seperti daging-dagingan hingga gorengan dapat memberikan efek buruk. Hal ini dapat menyebabkan kolesterol mengendap dan terjadi penumpukan di pembuluh darah sehingga akan menganggu sistem peredaran darah dan memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya.

2. Rokok

Merokok merupakan salah satu hal yang digemari oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Namun perlu diketahui, rokok sendiri dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan, baik itu bagi perokok aktif maupun perokok pasif. Pada rokok sendiri terkandung suatu zat berbahaya yang disebut nikotin. Saat menghirup asap rokok, kandungan zat nikotin tersebut dapat ikut mengalir ke aliran darah. Dimana ketika zat nikotin ini masuk ke dalam aliran darah, maka hal ini dapat merusak dinding arteri serta mengentalkan darah. Sehingga aliran darah ke berbagai jaringan tubuh menjadi terganggu hingga tersendat.

3. Obesitas

Obesitas atau berat badan yang sangat berlebih ini dapat menjadi salah satu penyebab terganggunya sistem peredaran darah. Hal ini dikarenakan ketika orang-orang mengalami obesitas, maka hal ini dapat menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah arteri. Sehingga hal ini akan menghambat sistem peredaran darah yang mengalir ke seluruh jaringan tubuh.

4. Tingkat stres tinggi

Stres merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika otak kita terlalu banyak mengalami tekanan. Stres sendiri dapat dialami oleh siapa saja, tidak memandang jenis kelamin dan usia. Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan sistem peredaran darah menjadi terganggu. Hal ini dikarenakan, saat seseorang mengalami tingkat stres yang tinggi maka pembuluh darah akan mengalami penyempitan sehingga sirkulasi aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh menjadi terganggu.

Terapkan pola hidup sehat agar sistem peredaran darah anda agar dapat berfungsi dengan baik serta terhindar dari berbagai masalah yang merugikan bagi kesehatan tubuh.