Konfirmasi Pesanan ( +62 899 321 8899 )

Waspada! 5 Hal Ini Dapat Membuat Kulitmu Kering Dan Bersisik

Memiliki kulit yang bersih dan sehat menjadi dambaan bagi setiap orang, khususnya bagi mereka para wanita yang ingin selalu tampil cantik. Kulit yang bersih, mulus, serta bagus dapat membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Merawat kulit sangat penting dan diperlukan untuk dapat menjaga nutrisi kulit, sehingga membuat kulit dapat tetap sehat serta terhindar dari berbagai masalah kulit yang tentunya memiliki efek negatif, salah satunya kulit kering dan bersisik.

Kulit kering sendiri merupakan salah satu masalah yang terjadi pada lapisan kulit paling atas atau epidermis. Ketika kulit tidak mendapatkan kelembapan yang cukup, hal ini dapat membuat kulit menjadi kering, bersisik, mengelupas, hingga pecah-pecah. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, namun hal ini lebih rentan terjadi pada orang lanjut usia dikarenakan produksi sebum atau minyak alami kulit mulai menurun. Kulit kering sendiri dapat lebih rentan serta sensitif terhadap kerusakan jaringan kulit lainnya, oleh karena itu kita harus selalu menjaga kulit kita agar tetap lembap.

Berikut beberapa faktor penyebab kulit menjadi kering yang perlu anda waspadai:

1. Cuaca

Cuaca yang terlalu panas atau dingin merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Hal ini dikarenakan pada saat kondisi cuaca menjadi terlalu panas atau dingin, tingkat kelembapan udara menurun dan berdampak pada kelembapan kulit. Hal ini juga dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi sehingga kulit menjadi kering, kusam, hingga bersisik.

2. Paparan sinar matahari

Radiasi sinar ultraviolet yang berasal dari matahari dapat menyebabkan kulit menjadi dehidrasi serta kehilangan kelembapan alaminya. Khususnya pada pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore, dimana pada waktu tersebut intenstas cahaya matahari sangat tinggi. Hal ini akan menyebabkan sinar UV yang diserap oleh kulit sangat banyak, sehingga menimbulkan masalah kulit kering.

3. Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat memang memiliki efek positif bagi tubuh, karena bersifat menenangkan serta dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Namun jangan terlalu sering untuk mandi menggunakan air hangat. Hal ini dikarenakan mandi menggunakan air hangat terlalu sering dan durasi mandi yang cukup lama dapat membuat kulit kehilangan kelembapannya sehingga kulit menjadi kering dan bersisik.

4. Kandungan sabun yang terlalu keras

Penggunaan sabun untuk mandi perlu atau membersihkan tubuh perlu disesuaikan dengan kondisi kulit kita. Penggunaan sabun yang salah atau mengandung bahan yang terlalu keras dapat menyebabkan masalah pada kulit, termasuk membuat kulit menjadi lebih kering. Hal ini dikarenakan, sabun yang mengandung bahan terlalu keras terdapat zat kimia surfaktan. Dimana zat kimia ini merupakan zat pembersih pH basa yang dapat merusak lapisan terluar kulit serta menghilangkan kelembapan kulit.

5. Kekurangan cairan tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh memang sangat penting untuk dilakukan. Kekurangan kebutuhan cairan tubuh dapat menyebabkan kulit menjadi dehidrasi. Ketika kulit mengalami dehidrasi, maka kulit akan menjadi kering, kusam, bahkan bersisik.

Jaga selalu kesehatan kulit anda dan penuhi asupan nutrisi agar kulit tetap sehat, bersih, serta terhindar dari berbagai masalah yang memberikan efek negatif bagi kulit.